Survei Pasar Pangan Aman di Kabupaten Banggai Laut

21-02-2024 Umum Dilihat 115 kali

Banggai Laut - Rabu (21/02/2024) Balai POM di Palu bersama Loka POM di Kabupaten Banggai melaksanakan survei pasar yang bertujuan untuk mengidentifikasi pasar yang memenuhi persyaratan pasar sehat sebagai prioritas sasaran pengendalian bahan berbahaya, mengidentifikasi pedagang pasar serta inventarisasi bahan berbahaya dan pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya.

Survei pasar dilaksanakan di Pasar Baru Kabupaten Banggai yang nantinya menjadi lokus pelaksanaan intervensi program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK). Pelaksanaan survei didampingi oleh Kepala Bidang Perdagangan dan petugas pasar. Survei yang dilakukan meliputi survei sarana prasarana, higiene dan sanitasi serta pendataan pedagang pasar. Selain itu, petugas melakukan sampling dan pengujian terhadap pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya. Dari 30 sampel yang uji, tidak ditemukan sampel yang mengandung bahan berbahaya. 

Diharapkan melalui survei diperoleh gambaran strategi intervensi yang dapat dilakukan pada program PPABK untuk mewujudkan Pasar Baru menjadi pasar yang terbebas dari bahan berbahaya.

Sarana