Bersinergi Wujudkan Keamanan Pangan, BPOM di Palu Laksanakan Forum Advokasi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut

20-02-2024 Umum Dilihat 120 kali

Banggai Laut – Selasa (20/02/2024) Balai POM di Palu menyelenggarakan kegiatan Advokasi dalam rangka pelaksanaan Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan Terpadu. Acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kab Banggai Laut Ablit. H.Ilyas dan dihadiri oleh OPD terkait, Camat, Kepala Desa, Kepala Sekolah dan Kepala Pasar Kabupaten Banggai Laut.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Banggai Laut menyampaikan terima kasih kepada Balai POM di Palu yang telah memberikan kepercayaan menunjuk Kabupaten Banggai Laut sebagai salah satu lokus intervensi dalam program keamanan pangan terpadu Tahun 2023. Beliau berharap program ini tidak hanya berjalan pada saat intervensi namun dapat berkelanjutan dan menjadi budaya ditengah masyarakat untuk dapat selalu menerapkan dan memilih pangan yang aman.

Pada acara ini disampaikan juga materi dari Kepala Balai POM di Palu mengenai penjabaran program keamanan pangan terpadu yang akan dilaksanakan meliputi Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) dan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) Aman dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK). Disampaikan juga materi oleh Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Banggai Laut  Zulkifli Panggato; Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Hasdia Badjurani dan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Bobi H. Tona terkait program dan kegiatan yang telah berjalan dari masing-masing dinas untuk dapat disenergikan dengan program keamanan pangan terpadu Balai POM di Palu.

Penandatangan komitmen pemerintah daerah dan OPD terkait lainnya juga dilakukan dalam rangkaian acara ini, sebagai bentuk komitmen untuk dapat mengembangkan program bersama yang sesuai dan sinergi dengan Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan Balai POM di Palu, serta meningkatkan koordinasi secara intensif dan berkelanjutan antar instansi dalam pelaksanaan program keamanan pangan.

Sarana